Diseminasi Polsek Fokus Cegah Penindasan Antar Siswa di Ponpes Al-Amin di Kediri

  • Whatsapp
cegah penindasan antar siswa di Ponpes Al-Amin di Kediri

Kediri – Kepolisian Sektor (Polsek) Kediri Kota bersama Unit Binmas gencar melakukan sosialisasi dan edukasi untuk cegah penindasan antar siswa di Ponpes Al-Amin di Kediri.

Kali ini, kegiatan bertajuk “Diseminasi Pencegahan Bullying” menyasar para siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah (MTS) Al-Amin Rejomulyo, Kediri pada Senin (25/3/2024).

Kapolsek Kediri Kota, Kompol Ridwan Sahara, S.H., menjadi narasumber utama dalam kegiatan ini. Di hadapan ratusan siswa-siswi MTS Al-Amin, beliau menekankan pentingnya kesadaran akan bahaya bullying dan peran aktif semua pihak untuk mencegahnya.

“Bullying tidak hanya menyakiti secara fisik, tetapi juga secara psikis. Dampaknya bisa berakibat fatal bagi korban, seperti trauma, depresi, dan bahkan bunuh diri,” papar Kompol Ridwan.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa bullying dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti kekerasan verbal, sosial, dan fisik. Penyalahgunaan media sosial juga menjadi salah satu bentuk bullying yang perlu diwaspadai.

“Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya bullying dan bekerja sama untuk mencegahnya,” tegas Kompol Ridwan.

Kegiatan diseminasi ini juga menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan Kota Kediri yang membahas tentang peran sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi para siswa.

Kepala MTS Al-Amin, H. Ahmad Mujtaba, M.Pd., menyambut baik kegiatan ini dan berharap dapat memberikan edukasi yang bermanfaat bagi para siswanya.

“Kami sangat mengapresiasi upaya Polsek Kediri Kota dalam mencegah bullying di lingkungan sekolah. Kegiatan ini sangat penting untuk membangun karakter siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif,” tutur H. Ahmad Mujtaba.

Kegiatan diseminasi ini berlangsung interaktif dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Para siswa antusias mengikuti kegiatan ini dan menunjukkan kepedulian mereka terhadap isu bullying.

Di akhir kegiatan, Kompol Ridwan memberikan motivasi kepada para siswa untuk menjadi generasi yang berprestasi dan berkarakter mulia.

“Hindari bullying dan jadilah agen perubahan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan damai,” pesannya.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah nyata Polsek Kediri Kota dalam mewujudkan program “Polisi Peduli Pendidikan” dan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di lingkungan sekolah.

Dampak Positif Diseminasi Polsek Kediri di Ponpes Al-Amin

Kegiatan diseminasi yang dilakukan oleh Polsek cegah penindasan antar siswa di Ponpes Al-Amin di Kediri mendapat respon positif dari berbagai pihak. Berikut beberapa dampak positif yang diharapkan dari kegiatan ini:

Meningkatkan Kesadaran Siswa tentang Bahaya Bullying:

  • Sosialisasi dan edukasi yang diberikan oleh Kapolsek Kediri dan narasumber lainnya diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya bullying.
  • Siswa akan lebih aware terhadap berbagai bentuk bullying, baik verbal, sosial, fisik, maupun melalui media sosial.

Membangun Keberanian Siswa untuk Melawan Bullying:

  • Dengan memahami bahaya bullying, diharapkan siswa akan lebih berani untuk melawan dan melaporkan tindakan bullying yang mereka alami atau saksikan.
  • Siswa akan lebih berani untuk speak up dan tidak takut untuk mencari bantuan dari guru, orang tua, atau pihak terkait lainnya.

Menciptakan Lingkungan Belajar yang Aman dan Nyaman:

  • Dengan berkurangnya tindakan bullying, diharapkan terciptalah lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi seluruh siswa.
  • Siswa dapat fokus belajar dan mengembangkan potensi diri mereka tanpa rasa takut atau terintimidasi.

Memperkuat Sinergi antara Sekolah dan Kepolisian:

  • Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara sekolah dan kepolisian dalam menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif.
  • Sekolah dan kepolisian dapat bekerja sama untuk mencegah dan menangani kasus bullying dengan lebih efektif.

Meningkatkan Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak:

  • Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan peran orang tua dalam mendidik anak tentang bahaya bullying.
  • Orang tua dapat lebih terbuka dan berkomunikasi dengan anak tentang bullying dan bagaimana cara menanganinya.

Menjadi Model Pencegahan Bullying di Sekolah Lain:

  • Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah lain dalam melakukan pencegahan bullying.
  • Sekolah lain dapat meniru dan mengadaptasi kegiatan ini sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah masing-masing.

Secara keseluruhan, kegiatan diseminasi yang dilakukan oleh Polsek Kediri di Ponpes Al-Amin diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam cegah penindasan antar siswa di Ponpes Al-Amin di Kediri.

Dengan edukasi, sinergi, dan peran aktif dari semua pihak, diharapkan tercipta lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi seluruh siswa di Kota Kediri dan di seluruh Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *