Mendadak! Presiden Jokowi Tunjuk Adhy Karyono sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Timur Menggantikan Khofifah dan Emil

  • Whatsapp

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken keputusan presiden (keppres) pemberhentian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak, yang berakhir pada Selasa (13/2/2024), hari ini. Mereka telah menyelesaikan masa jabatan mereka sebagai kepala daerah Jatim.

Sebagai respons terhadap berakhirnya masa jabatan Khofifah dan Emil, Presiden Jokowi menunjuk Sekretaris Daerah Jawa Timur, Adhy Karyono, sebagai pelaksana tugas (Pj) Gubernur Jatim. Keputusan tersebut diambil melalui keppres yang diteken oleh Jokowi. Pelantikan Adhy Karyono sebagai Pj Gubernur Jatim direncanakan akan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, pada Jumat (16/2/2024).

Masa jabatan Khofifah dan Emil sebenarnya berakhir pada 31 Desember, namun diperpanjang hingga hari ini setelah keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Sebelum pelantikan Adhy Karyono sebagai Pj Gubernur, Khofifah telah mengonfirmasi bahwa Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, telah menunjuk Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, untuk melaksanakan tugas harian sebagai gubernur pengganti.

Sebelumnya Khofifah juga telah mengkonfirmasi penunjukan Adhy Karyono sebagai pelaksana harian gubernur Jatim melalui radiogram yang diterimanya dari Kementerian Dalam Negeri. Dengan demikian, Adhy Karyono akan memegang jabatan tersebut hingga pelantikan resmi sebagai Pj Gubernur Jatim dilakukan.

Keputusan ini menandai akhir dari kepemimpinan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak di Jawa Timur serta memulai babak baru dalam pemerintahan provinsi tersebut di bawah arahan Adhy Karyono sebagai Pj Gubernur.

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak telah menyelesaikan masa jabatan mereka sebagai gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur pada Selasa (13/2/2024). Sebagai respons, Presiden Joko Widodo menandatangani keputusan pemberhentian keduanya. Dalam keputusan presiden tersebut, Sekretaris Daerah Jawa Timur, Adhy Karyono, ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Pj) Gubernur Jawa Timur.

Pelantikan Adhy Karyono sebagai Pj Gubernur Jawa Timur direncanakan akan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, pada Jumat (16/2/2024). Sebelumnya, Khofifah telah mengkonfirmasi penunjukan Adhy Karyono sebagai pelaksana harian gubernur Jawa Timur melalui radiogram yang diterimanya dari Kementerian Dalam Negeri.

Masa jabatan Khofifah dan Emil sebenarnya telah berakhir pada 31 Desember, namun diperpanjang hingga hari ini setelah keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Dengan demikian, Adhy Karyono akan menjalankan tugas sebagai gubernur pengganti hingga pelantikan resmi sebagai Pj Gubernur Jawa Timur dilakukan.

Keputusan ini menandai akhir dari kepemimpinan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak di Jawa Timur serta dimulainya era baru dalam pemerintahan provinsi tersebut di bawah arahan Adhy Karyono sebagai Pj Gubernur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *