Jasa Marga Gelar Acara Puncak Road Safety Rangers (RSR) 2023: Fokus pada Keselamatan Berkendara dengan Kendaraan Listrik untuk Transportasi Berkelanjutan

  • Whatsapp

Jasa Marga RSR Jasa Marga meneruskan komitmennya terhadap keselamatan berkendara dan transportasi berkelanjutan melalui acara puncak Road Safety Rangers (RSR) 2023 dengan tema “Safety Driving with Electric Vehicles for Sustainable Transport.” Acara ini digelar di Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC) dan Gedung Pewayangan Kautaman Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Sebelumnya, pada 24-25 Oktober 2023, Jasa Marga telah sukses menyelenggarakan pre-event RSR Training 2023 yang melibatkan pelatihan Safety Driving dan Eco Driving. Acara puncak RSR 2023 dihadiri oleh lebih dari 300 peserta dari berbagai kalangan, termasuk komunitas mobil listrik, pengemudi taksi listrik, unsur kementerian, serta pelajar SMA/SMK Negeri Wilayah Jakarta Timur.

Bacaan Lainnya

Direktur Operasi Jasa Marga, Fitri Wiyanti, menyampaikan bahwa program RSR 2023 masih terus menekankan pada keamanan dan keselamatan berkendara. Selain itu, program ini juga mendukung komitmen perusahaan dalam mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060, sesuai dengan upaya pemerintah dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Fitri Wiyanti menegaskan bahwa Jasa Marga berkomitmen untuk memberikan Service Excellence kepada masyarakat dengan membangun kolaborasi dan sinergi tidak hanya dengan pemangku kebijakan dan operator jalan tol, tetapi juga dengan elemen masyarakat yang diwakili oleh komunitas otomotif.

“Saat ini kita dihadapkan pada masalah global berupa isu keberlanjutan lingkungan dengan meningkatnya emisi karbon dan polusi udara. Penggunaan mobil listrik merupakan salah satu alternatif solusi transportasi berkelanjutan,” ucap Fitri.

Jasa Marga telah menjamin Service Excellence dengan menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 15 lokasi rest area jalan tol Jasa Marga Group. Melalui program ini, perusahaan berharap dapat mendukung percepatan penggunaan mobil listrik.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, menambahkan bahwa program edukasi keselamatan berkendara dari Jasa Marga sangat membantu pemerintah dalam menciptakan awareness terhadap keselamatan berkendara dan penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

Asisten Deputi Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN, Hendrika Nora Osloi Sinaga, menyebutkan program safety campaign yang rutin digelar oleh Jasa Marga merupakan wadah edukatif dan informatif bagi masyarakat. Melalui RSR, masyarakat diajak untuk mengenal bahwa infrastruktur jalan tol telah didesain dengan mempertimbangkan keselamatan para pengendara.

Dalam sesi talkshow, Professional Safety Engineer Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ahmad Wildan M.T, menyatakan bahwa dengan pesatnya pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, masyarakat perlu dibekali dengan analisis potensi risiko pada kendaraan listrik untuk mendukung praktik berkendara berkeselamatan.

Executive Director and Chief Instructor Indonesian Defensive Driving Center, Ir. Bintarto Agung, menyoroti perbedaan yang signifikan antara mengendarai kendaraan berbahan bakar minyak dan listrik. Kendaraan listrik, dengan direct control-nya, memerlukan sosialisasi mengenai sistem dan spesifikasi, yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan untuk membangun budaya keselamatan transportasi yang lebih baik.

Dengan terus menggelar program-program keselamatan berkendara dan transportasi berkelanjutan, Jasa Marga berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan lingkungan berkendara yang lebih aman dan ramah lingkungan bagi masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *