Dinamika Politik Indonesia: Sebuah Eksplorasi Mendalam Melalui ‘Mengenal Orde Baru’

  • Whatsapp

Identitas Buku

Penulis: Dhianita Kusuma Pertiwi
Penerbit: EA Books, 2021
Dimensi: 13 cm x 21 cm
Jenis Cover: Softcover
Tebal: xx + 586 hlm
Jenis Kertas: Bookpaper

Ulasan Buku

Dalam “Mengenal Orde Baru,” Dhianita Kusuma Pertiwi mengajak pembaca pada perjalanan intelektual melalui sejarah politik Indonesia selama masa Orde Baru. Buku ini bukan hanya sekadar kronik peristiwa, tetapi suatu analisis mendalam yang membedah dinamika kebijakan politik, peristiwa krusial, dan struktur kekuasaan yang membangun fondasi negara selama pemerintahan Soeharto.

Pertiwi membuka pembahasan dengan memaparkan identitas buku ini, memberikan pandangan holistik tentang dimensi fisik buku. Dengan detail mengenai ukuran, jenis cover, tebal buku, dan jenis kertas yang digunakan, pembaca diperkenalkan pada fisik buku sebelum benar-benar meresapi kontennya.

Analisis tajam Dhianita Kusuma Pertiwi terhadap perkembangan politik Indonesia pada masa Orde Baru menjadi fokus utama dalam bukunya. Melalui penelitian yang teliti, ia mengulas kebijakan politik yang membentuk landasan negara, mencakup aspek ekonomi, pendidikan, dan keamanan nasional. Pembaca diundang untuk menjelajahi implikasi sosial dari kebijakan-kebijakan ini, mendalaminya dalam konteks sosial masyarakat.

“Mengenal Orde Baru” tidak hanya sekadar menyoroti peristiwa-peristiwa penting, tetapi memberikan konteks sejarah yang mendalam, memudahkan pembaca untuk memahami dinamika politik pada setiap periode. Dari Gerakan 30 September (G30S) hingga Reformasi 1998, Pertiwi merinci peristiwa-peristiwa ini dengan pengetahuan yang mendalam, memberikan pandangan yang tajam terhadap lanskap politik Indonesia.

Sebagai sebuah karya literatur sejarah politik, keunggulan utama buku ini terletak pada analisis kritis yang diberikan oleh Pertiwi. Penulis tidak hanya menyajikan fakta-fakta sejarah, tetapi juga memberikan interpretasi yang kritis terhadap berbagai kejadian. Pemahaman ini memunculkan gagasan dan perspektif baru, merangsang pemikiran kritis pembaca.

Kejelasan dan aksesibilitas gaya penulisan Pertiwi menjadi salah satu daya tarik buku ini. Meskipun membahas isu-isu sejarah yang kompleks, buku ini tetap dapat dinikmati oleh pembaca dari berbagai latar belakang, termasuk yang tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang sejarah.

Dengan memberikan pencerahan mendalam tentang masa Orde Baru, “Mengenal Orde Baru” memiliki relevansi yang kuat dalam literatur sejarah politik Indonesia. Dhianita Kusuma Pertiwi berhasil membawa pembaca melintasi rentang waktu yang signifikan ini, memberikan analisis yang mendalam dan perspektif baru yang mencerahkan pembaca mengenai sejarah politik Indonesia.

Buku ini bukan hanya untuk akademisi atau peneliti sejarah, melainkan juga untuk siapa saja yang ingin memahami lebih dalam periode penting dalam sejarah Indonesia dan dinamika kekuasaan pada masa tersebut. Dengan gaya penulisan yang mengundang, “Mengenal Orde Baru” menjadi panduan yang sangat berharga bagi mereka yang ingin menjelajahi dan memahami lebih lanjut masa Orde Baru Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *