Hamas, Penguasa dan Pelindung Bertangan Besi di Tepi Jurang Gaza

  • Whatsapp
Penguasa Tepi Jurang Gaza

Hamas adalah sebuah organisasi politik dan militer Palestina yang menguasai Jalur Gaza. Hamas didirikan pada tahun 1987 sebagai cabang dari Gerakan Ikhwanul Muslimin Mesir. Ideologi Hamas didasarkan pada nasionalisme Palestina dan Islam.

Setelah kemenangan Hamas dalam pemilihan legislatif Palestina tahun 2006, terjadi konflik bersenjata antara Hamas dan Fatah. Hamas berhasil mengambil alih kekuasaan di Jalur Gaza pada tahun 2007. Sejak itu, Hamas telah memerintah Gaza sebagai entitas yang terpisah dari Otoritas Palestina yang dikuasai Fatah di Tepi Barat.

Di bawah kepemimpinan Hamas, Gaza telah menjadi basis bagi perlawanan bersenjata dan peluncuran roket ke wilayah Israel. Hamas dan Israel telah terlibat dalam tiga perang besar pada 2008, 2012, dan 2014. Blokade Israel dan Mesir telah membatasi pergerakan barang dan orang ke dalam dan keluar Gaza. Kondisi kehidupan warga Gaza menjadi sangat sulit akibat kemiskinan dan pengangguran yang tinggi.

Meskipun dianggap sebagai organisasi teroris oleh Israel, Amerika Serikat, dan Uni Eropa, Hamas tetap menikmati dukungan luas di kalangan warga Palestina karena citranya sebagai perlawanan terhadap pendudukan Israel. Kepemimpinan Hamas di Gaza diperkirakan akan berlangsung hingga tercapainya resolusi konflik Israel-Palestina di masa depan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *