Ganjar-Mahfud Janji Akan Ciptakan 17 Juta Lapangan Kerja: Misi Besar Pilpres 2024

  • Whatsapp
Lapangan kerja Ganjar-Mahfud

Jakarta – Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, telah menegaskan misi mereka untuk menciptakan 17 juta lapangan kerja baru dalam periode 2025-2029 jika mereka terpilih sebagai pemimpin negara dalam Pemilihan Presiden 2024.

Misi ambisius ini menjadi bagian integral dari delapan misi ekonomi yang tercantum dalam dokumen Visi dan Misi “Ganjar Pranowo & Mahfud MD Menuju Indonesia Unggul.”

Bacaan Lainnya

Target untuk menciptakan 17 juta lapangan kerja baru merupakan salah satu langkah strategis Ganjar-Mahfud untuk mengurangi tingkat pengangguran dengan mengoptimalisasi penyerapan tenaga kerja.

Dalam konteks ini, keduanya berencana untuk memastikan bahwa setiap tahun akan ada penyerapan angkatan kerja baru, sehingga seluruh rakyat Indonesia dapat segera mendapatkan pekerjaan yang mereka butuhkan.

Selain berfokus pada penciptaan lapangan kerja baru, pasangan ini juga berkomitmen untuk membentuk lingkungan usaha yang mendukung pertumbuhan usaha ultra mikro dan UMKM, serta memacu usaha-usaha yang mampu meningkatkan kelas secara konsisten.

Tidak hanya itu, mereka juga memiliki target ambisius untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi rata-rata sebesar 7 persen setiap tahun, sebagai salah satu strategi untuk membantu Indonesia keluar dari perangkap kelas menengah (middle income trap).

Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang ambisius ini, Ganjar-Mahfud berencana untuk meningkatkan peran koperasi dan UMKM, mendukung perkembangan usaha di seluruh pelosok Indonesia, serta memanfaatkan infrastruktur, ekonomi digital, ekonomi berkelanjutan (green-blue economy), dan pertumbuhan industri manufaktur dengan tingkat sekitar 7,5-8 persen.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa pada periode 2010-2014, tercipta sekitar 13,68 juta lapangan kerja, sedangkan pada periode 2015-2019, angka penciptaan lapangan kerja berada di kisaran 13,42 juta. Dengan komitmen mereka, Ganjar-Mahfud berupaya untuk meningkatkan capaian ini demi menciptakan peluang pekerjaan yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *