Skandal CryptoZoo Logan Paul, Janji Tak Terpenuhi, Gugatan Class-Action, dan Situs Pelacakan Waktu

  • Whatsapp

Kegagalan peluncuran awal pada tahun 2021 untuk permainan “CryptoZoo” yang berbasis NFT dan mengusung model “main-dapat-pendapatan” milik Logan Paul, telah menyebabkan banyak kontroversi dan dampak buruk. Peluncuran awal yang ternyata bermasalah tersebut telah mengakibatkan gugatan hukum oleh sekelompok investor dalam bentuk tuntutan class-action terhadap Logan Paul. Mereka merasa tertipu dan marah karena menunggu kompensasi sebesar $1,3 juta yang sebelumnya dijanjikan oleh Paul sebagai bentuk penggantian.

Namun, menginjak enam bulan sejak kejadian tersebut, para korban penipuan tersebut tidak lagi merasa puas dengan hanya menunggu dalam diam. Mereka memutuskan untuk mengambil tindakan dengan menciptakan sebuah situs web yang secara terperinci melacak waktu berlalunya janji Paul yang belum terpenuhi. Situs web dengan nama yang sangat sederhana, yaitu loganpaulscams.com, pertama kali ditemukan oleh Dexerto dan telah menjadi pusat perhatian.

Pada saat artikel ini ditulis, telah mencatat bahwa telah berlalu 222 hari, 22 jam, dan 16 detik sejak Logan Paul berjanji akan mengembalikan uang kepada para penggemar yang merasa tertipu. Pertanyaan yang diajukan oleh situs ini sangat jelas: “Apakah dia telah melakukan pengembalian?” Lalu, ketika Anda mengklik pertanyaan tersebut, situs ini dengan tegas menampilkan jawaban yang disertai dengan huruf merah mencolok: “TIDAK.”

Tampaknya situs ini juga mengadopsi gaya yang mirip dengan situs web milik Paul. Paul sendiri memiliki sebuah situs yang melacak berapa banyak hari sejak petarung bela diri campuran Dillon Danis, yang juga terlibat dalam skema penipuan berbasis NFT, terakhir kali berkompetisi. Namun, situs loganpaulscams.com mengambil sikap yang sangat kritis terhadap Paul, dengan beberapa pesan di halaman testimonial yang secara tajam mengkritik sikap dan tindakan Paul.

Satu pesan dari Discord yang tertulis di halaman testimonial situs mengatakan, “Logan sama sekali tidak peduli.” Pesan lain mengekspresikan kekecewaan, “Jadi, pengembalian uang ternyata adalah penipuan besar.” Ada pula pertanyaan yang menunjukkan rasa frustrasi, “Hei, di mana saya bisa mengembalikan telur saya?” Pertanyaan ini mengacu pada fakta bahwa dalam permainan CryptoZoo, terdapat telur GIF yang bisa menetas menjadi NFT, dan pada puncaknya, telur-telur ini memiliki nilai lebih dari $2,000.

Sementara para korban CryptoZoo tampaknya terus bersuara untuk menyuarakan kekecewaan mereka terhadap Paul yang tidak memenuhi janjinya, hingga saat ini belum ada mekanisme yang jelas untuk mendapatkan pengembalian dana atas permainan yang mengecewakan ini. Paul sendiri pernah mengakui bahwa dalam pengembangan permainan ini, ia melibatkan orang-orang dengan latar belakang kriminal dan penipuan. Redaksi Kotaku juga telah mencoba menghubungi Paul untuk mendapatkan tanggapannya, namun belum ada respons yang diterima hingga saat ini.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *