Syarat PDIP untuk Mendukung Kaesang Pangarep sebagai Calon Wali Kota Depok

  • Whatsapp

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengungkapkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh Kaesang Pangarep jika ingin didukung oleh PDIP sebagai calon wali kota Depok. Hasto menjelaskan bahwa Kaesang harus mengikuti pendidikan politik dan proses kaderisasi partai.

“Prinsipnya, untuk menjadi anggota partai ini, haruslah sukarela yang berarti komitmen untuk mendasarkan diri pada kepentingan partai yang lebih besar, serta mengikuti proses pendidikan politik dan kaderisasi,” ujar Hasto di Kantor Dewan Pers, Jakarta Pusat, pada Senin (19/6/2023).

Bacaan Lainnya

Setelah menyelesaikan pendidikan dan kaderisasi tersebut, kata Hasto, PDIP akan menentukan penugasan bagi Kaesang, termasuk kemungkinan sebagai calon kepala daerah atau calon anggota legislatif.

Hasto memberikan contoh dengan kasus Gibran, yang sebelum diusung sebagai Wali Kota Solo, juga mengikuti sekolah partai. PDIP memberikan pendidikan kepada Gibran tentang tata kelola pemerintahan.

“Saya juga telah menyampaikan kepada Kaesang bahwa jika dia akan mengikuti proses pencalonan sebagai kepala daerah, kita akan mempersiapkannya bersama dengan kader-kader partai lain yang memiliki hak yang sama,” ucapnya.

“Dan proses ini melalui sekolah partai, sehingga seseorang tidak dapat diusung tanpa melalui sekolah partai,” tambahnya.

Lebih lanjut, Hasto mengingatkan bahwa dalam PDIP berlaku aturan bahwa satu keluarga harus berasal dari partai yang sama. Hal ini merupakan regulasi yang berlaku di dalam PDIP.

“Dalam satu keluarga, anggota keluarganya harus berasal dari satu partai yang sama. Kami memiliki regulasi yang mewajibkan agar tidak ada satu keluarga dengan partai yang berbeda-beda,” tegasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *